Pada jaman sekarang yang serba modern
kali ini, kata internet tidaklah asing lagi bagi masyarakat indonesia,
bahkan sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Bagi
masyarakat urban di Indonesia, kegiatan sehari-hari mereka selalu
berhubungan dengan internet, misalnya berinteraksi dengan orang lain di
media sosial, membaca petunjuk jalan dengan Waze atau Google Maps,
membaca berita di media online, transaksi online, dan masih banyak hal
lainnya. Saya adalah salah satu orang yang akan merasa kesulitan ketika
‘lepas’ dari koneksi internet, mungkin Anda juga.
Nah, bila kita hubungkan dengan dunia bisnis, sudah terbukti bahwa kekuatan internet telah memberikan dampak yang luar biasa bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis di Indonesia. Banyak bisnis kecil yang berhasil memanfaatkan internet dengan baik sebagai media pemasaran mengalami pertumbuhan pesat, walaupun memang ada beberapa bisnis yang tidak mengalami hal serupa.
Pertanyaannya kemudian adalah, strategi pemasaran online seperti apa yang efektif dalam marketing online? Apakah Anda atau saya harus menjalankan semua jenis pemasaran online agar bisa memaksimalkan pertumbuhan bisnis?
Sebenarnya kita tidak perlu menjalankan
semua strategi pemasaran online, karena ini akan sangat menyita waktu
dan uang, dan tidak akan efektif. Namun, jika kita ingin membangun
reputasi bisnis di internet dan juga ingin memberikan pelayanan lebih
baik bagi pelanggan, maka ada 5 strategi pemasaran online standar yang wajib dilakukan oleh bisnis Anda. Berikut ulasannya.
1. Membangun Website/ Blog Bisnis
Menurut saya, memiliki sebuah website/
blog adalah salah satu hal yang sangat krusial bagi pebisnis saat ini.
Jika Anda tidak memiliki website/ blog, maka bisnis Anda akan semakin
tertinggal, atau bila tidak, kemungkinan besar bisnis Anda hanya akan
‘jalan di tempat’.
Website/ blog adalah tempat di mana
orang-orang bisa lebih mudah menjangkau dan menghubungi kita, sehingga
kita akan memiliki kesempatan lebih baik dalam membangun leads dan
pelanggan baru. Dengan keberadaan website maka pelanggan lama juga bisa
lebih mengenal, dan lebih percaya pada bisnis Anda karena reputasi
online yang sudah Anda bangun.
Bayangkan bila seorang calon pelanggan
mengetahui bahwa bisnis Anda tidak punya website. Kemungkinan besar dia
tidak akan menanggapi penawaran bisnis Anda secara serius karena tidak
mengikuti trend modern. Ingin sukses berbisnis di era teknologi seperti
sekarang ini tapi tidak mau membangun website? Sulit bro!
2. Membuat Akun Social Media Untuk Bisnis Anda
Selain memiliki website/ blog untuk
bisnis, membangun akun media sosial untuk bisnis juga merupakan sesuatu
yang sangat penting lho. Ini bukan tentang berapa banyak akun media
sosial yang Anda miliki, bukan juga tentang seberapa sering Anda posting
di media sosial. Tapi lebih kepada seberapa baik kualitas profile akun
media sosial Anda.
Menurut pengalaman saya, beberapa
platform media sosial yang ‘wajib’ Anda gunakan untuk kepentingan bisnis
adalah Facebook, Twitter, Google Plus, dan Instagram. Profile media
sosial ini bisa sebagai upaya untuk menunjukkan bahwa bisnis Anda
‘dekat’ dengan dunia modern. Selain itu, memiliki akun media sosial
untuk bisnis akan membuat bisnis Anda dikenal lebih banyak orang,
khususnya para pengguna media sosial.
3. Ulasan Mengenai Website Bisnis Anda di Internet
Ulasan singkat mengenai bisnis Anda di
Internet ternyata bisa menjadi sebuah keuntungan besar. Ada beberapa
website direktori yang sering dijadikan rujukan oleh para pengguna
internet ketika mereka mencari informasi. Misalnya website
Tripadvisor.co.id, website ini seringkali menjadi rujukan para traveler
yang ingin mencari hotel atau tempat penginapan saat mereka ingin
berlibur. Bila Anda memiliki bisnis yang berhubungan dengan traveling
(hotel/ penginapan, restoran, obyek wisata, bisnis cinderamata, dan
lainnya), maka ulasan mengenai bisnis Anda di website ini akan menjadi
promosi gratis yang bisa membuat bisnis Anda lebih terkenal.
Selain menggunakan website pihak ketiga
seperti Tripadvisor, kita juga bisa memanfaatkan ulasan bisnis di
website/ blog lain yang cukup populer. Misalnya Anda punya bisnis
waralaba yang ingin dipasarkan, Anda bisa memanfaatkan promosi di portal
bisnis waralaba yang cukup populer seperti Waralabaku.com, Ayowaralaba,
Waralaba.com, dan lain-lain.
Meminta bantuan blogger untuk mengulas
bisnis kita juga merupakan hal yang baik. Ulasan dari para blogger dapat
meningkatkan reputasi web bisnis Anda, baik dari sisi branding maupun
dari sisi SEO (search engine optimization). Namun, perlu juga kita
perhatikan niche dan kualitas blog yang ingin kita minta bantuan.
Pastikan niche blogger tersebut masih berhubungan dengan niche web
bisnis Anda, misalnya bisnis Anda berhubungan dengan traveling, maka
sebaiknya meminta bantuan dari travel blogger atau blog yang membahas
tentang traveling.
4. Update Website/ Blog Secara Berkala
Memiliki website/ blog dan akun media
sosial untuk bisnis bukan berarti tugas Anda sudah selesai. Ketika
dibutuhkan, Anda harus berupaya untuk selalu memberikan update di
website tersebut. Sebagai contoh, misalnya ada perubahan harga,
perubahan layanan, atau bahkan penawaran baru di bisnis Anda, tentunya
pelanggan Anda harus mengetahui hal ini.
Selain itu, untuk menjaga atau
meningkatkan reputasi website bisnis di internet, Anda juga bisa
memberikan tips-tips atau informasi penting berupa artikel atau video
yang bisa membantu orang lain menyelesaikan masalahnya. Masyarakat urban
biasanya mencari informasi di Google ketika membutuhkan bantuan untuk
masalah mereka. Nah, konten Anda tersebut bisa saja sangat berharga bagi
orang lain karena sudah membantu mengatasi masalah mereka, dan bukan
tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan Anda berikutnya. Jadi,
update website/ blog itu sangat penting ya.
5. Informasi Kontak Bisnis Anda
Ada banyak alasan mengapa Anda perlu
mencantumkan informasi kontak bisnis Anda di website bisnis atau di akun
sosial media. Namun, alasan terpenting mengapa Anda harus mencantumkan
informasi ini di website Anda adalah agar calon pelanggan potensial Anda
mudah menghubungi. Beberapa informasi kontak yang wajib Anda cantumkan
di website adalah alamat email dan nomor telepon (fix line atau hp).
Jika dibutuhkan, mungkin Anda juga perlu menambahkan fasilitas live chat
di website Anda.
Dengan memberikan informasi mengenai
bisnis Anda, maka pelanggan setia akan lebih mudah menjangkau dan
membeli produk Anda. Selain itu, memberikan informasi kontak bisnis yang
akurat kepada audiens akan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang
pebisnis yang profesional.
Tambahan
Ok, Anda sudah memiliki semua layanan
online yang disebutkan di atas, tapi Anda masih menginginkan lebih. Jika
ingin melakukan strategi pemasaran online yang lebih baik lagi maka
Anda harus melakukan optimasi. Beberapa optimasi yang saya maksud
adalah:
1. SEO (Search Engine Optimization), adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada
sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah
halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google.
2. Membangun dan terlibat dengan audiens media sosial
adalah sebuah upaya yang tidak akan sia-sia. Tidak cukup hanya memiliki
akun media sosial dan memposting konten yang bermanfaat bagi mereka.
Ikut terlibat dengan audiens di media sosial akan membantu meningkatkan
authority bisnis Anda di media sosial, dan tentunya ini akan menciptakan
peluang baru untuk mendapatkan leads lebih banyak.
3. Beriklan di Google dan sosial media
bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mendapatkan trafik dan leads lebih
cepat dan lebih besar. Sejauh pengalaman saya beriklan di media sosial,
Facebook Ads adalah media yang paling efektif dibanding dengan media
sosial lainnya seperti Twitter, Instagram.
Sebagai seorang pebisnis, Anda harus
berusaha untuk open-minded mengenai peluang pemasaran online karena
memang sekarang adalah era digital. Tidak perduli bisnis Anda masuk
dalam kategori bisnis yang sudah kuno, pemasaran via internet bisa
menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan performa bisnis Anda, atau
setidaknya akan membuat bisnis Anda mudah dijangkau pengguna internet.
EmoticonEmoticon